Remote Shutdown PC via SMS

 

 

Nahh… di postingan sebelumnya gw sempat bahas tentang cara bikin aplikasi untuk kirim SMS pake library GsmComm. Sekarang gw pengen sedikit berbagi pengalaman terkait dengan postingan yang sebelumnya. Seperti yang pernah gw bilang, kalo library GsmComm ini bisa juga diterapkan untuk bikin aplikasi remote. Pada kesempatan kali ini gw bakal kasih contoh cara mati’in komputer pake SMS. (mengingat gw cari di Google relatif sedikit yang bahas, moga-moga ga repost gan…!!)

Seperti biasa, gw sekarang lebih prefer ng-coding pake Mikocok Visual C# 2008 Express Edition. Alasannya cukup simple, gw udah terbiasa make selama ngerjain skripsi dan juga GsmComm emang lebih cocok buat aplikasi .NET. Barangkali ada yang ngembangin pake JAVA technology atau yang lain, mungkin bisa di share sekalian. Apa pun platformnya yang penting tetap opens source !!! hehehehehe…

OK, langsung aja bro…. Pertama buat dulu method untuk shutdown computernya. (cari di Google juga dah banyak yang bahas!)

  • Method shutdown computer

void Shutdown()
{
ManagementBaseObject mboShutdown = null;
ManagementClass mcWin32 = new ManagementClass(“Win32_OperatingSystem”);
mcWin32.Get();

// You can’t shutdown without security privileges
mcWin32.Scope.Options.EnablePrivileges = true;
ManagementBaseObject mboShutdownParams =
mcWin32.GetMethodParameters(“Win32Shutdown”);

// Flag 1 means we want to shut down the system. Use “2” to reboot.
mboShutdownParams[“Flags”] = “1”;
mboShutdownParams[“Reserved”] = “0”;
foreach (ManagementObject manObj in mcWin32.GetInstances())
{
mboShutdown = manObj.InvokeMethod(“Win32Shutdown”,
mboShutdownParams, null);
}

}

Source code keseluruhan bisa downloadΒ  di sini aj. Gw capek, hehehe.. πŸ™‚

Kalo ada kesulitan silahkan kontak CP gw. Syarat : “Resiko tanggung penumpang !”

 

Revision :

To all readers, Β gw udah perbaiki link downloadnya. Silahkan dicoba lagi..

– Gw udah coba test dengan modem Huawei di Windows XP dan hasilnya RUN Well !!! (gw cukup ketik “shutdown” dan kirim sms ke modem gw yang tertancap di computer)
– Kalau ga bisa coba cek port COM modem anda di computer, kadang beda2. Untuk program ini gw set port COM = 4. Bisa dimodif di source codenya abis itu tinggal di rebuild lagi pake MS Visual C# Express Edition.

 

Thanks for visit us, and I’m sorry for inconvenient service before. πŸ˜›

22 thoughts on “Remote Shutdown PC via SMS

  1. Hi bro. saya baru liat lo punya code ini. dan saya mau tanya sesudah saya apply usb modem gw. di bagian code yg setting COM itu dimana ya ? soal nya COM gw itu COM5 … mohon bantu nya. dan setelah saya run, keluar windows box minta di centak “activate” dan text box dengan tulisan “konek”. itu arti nya apa ya ? Terima kasih dan saya masih nubie 😦

    1. hallo jg bro,

      untuk setting port nya cari aja code yg kyk di bawah ini
      comm = new GsmCommMain(4, 9600, 300);

      itu saya taroh di action private void Form1_Load(object sender, EventArgs e). Nah yg angka 4 nya ganti aja sama 5 klo emg pake COM5

      klo untuk checkBox activated itu ya untuk aktifasi shutdown PC nya. Search aja yg namany checkBox1, ntar pasti ketemu fungsinya. Kalau misal udah terkonek sama modem di port COM yg sesuai, ntar textBox ny berubah jadi “Konek” otomatis.

      thanks for visit

  2. Terima kasih sudah merespon gan. setelah saya jalankan petunjuk anda. dan bisa load akan tetap saat gw centang checkbox activate nya ( kebetulan gw aktifkan debugger nya ) kok masuk ke area ini :

    private void checkBox1_CheckedChanged(object sender, EventArgs e)
    {

    }

    dimana yg saya liat ini fungsi centang cekbox nya ga ada panggilan ke void yg lain tuh… Terima kasih dan sorry sudah mengganggu πŸ™‚

    1. hi bro,
      memang untuk checkBox1 itu ada eventnya, tapi bukan pada method itu. tapi coba cari method OtoRespon(object sender, MessageReceivedEventArgs e){}

      di dalamny ada checkBox1.checked==true, disitulah checkBox1 mulai berfungsi. untuk yg method
      private void checkBox1_CheckedChanged(object sender, EventArgs e){}

      itu dlu saya buat testing, blom sempat dihapus lagi. Btw, setelah di running itu program terus kirim SMS (ketik “shutdown”) ke nomor simcard yg di modem, ada impact ga??? Saya ingin tahu

      1. Bro,

        ga bisa bro, Iya gw ketik sms yg demikian, tp ga ada respond. dan gw pasang debugger ke :
        void OtoRespon(object sender, MessageReceivedEventArgs e)

        habis sms ke sim card modem nya. hanya muncul pop up message gw dari program huawei hahaha.. respond program dari u ga ada efek apa2 bro. mohon bimbingan nya hahahah ,… apakah ada settingan lagi yg kurang ? padahal udah muncul checkbox dan gw tick connect. dan gw sms ga ada respond gitu πŸ˜›

  3. sayang aku bisanya cuma vb6 😦
    tapi aku sudah bikin smsshutdown, file kurang dari 1 mb dan portable.
    system requirements:
    win xp dan win 7 (yang win 8 belum coba)
    internet explorer
    koneksi internet
    bisa kok.

Leave a Reply

