Aplikasi SMS Sender dengan C#

Gw mau sedikit berbagi pengalaman, kebetulan ini bagian dari Tugas Akhir gw…

Sempat gw cari-cari di Google cara bikin SMS Sender pake coding C#, tapi yang ada kebanyakan tutorialnya pake bahasa Inggris semua.  Ada juga yang pake bahasa Indo, tapi relatif masih sedikit. Karena gw pengen Indonesia bisa maju, gw coba buat tutorial singkatnya pake bahasa manusia yang mudah dimengerti sama rakyat Indonesia. Langsung aja ke Teee….Kaaa…Peee…

  • Persiapan

Berikut keperluan apa aja yang hrs disiapin sebelum terjun ke medan perang, a. l :

  1. Modem GSM / handphone (gw pakenya modem Huawei E220)
  2. Visual C# Express Edition 2008, buat ng-coding ama design tampilan aplikasinya ntar. Kalo belum ada installernya download dulu di sini, sekarang udah keluar yang 2010. (asumsi gw : kalian udah pada familiar pake Visual Studio)
  3. GSMComm, ini library buat bikin SMS Sender. Bisa download di sini
  4. Komputer / laptop, ya jelasss buat ng-program… (kalo ga ada bisa cari pinjeman, sewa, dll. Kalo masih ga dapat juga mending ke laut aj sonoooo!!!)
  5. Winamp, buat dengerin lagu biar ga suntuk… (gw suka dengerin GreenDay & Scorpions, machoww abisss!!!)
  6. Secangkir “susu” angetttt

Nah, kalo udah siap semuanya kita lanjutkan pada tahap berikutnya, yaitu Pelaksanaan.

  • Pelaksanaan

Ok, pertama coba buka Visual C# 2008. Kalo uda coba bikin proyek baru dengan WndowsForm, lalu import library GSMComm tadi ke dalam proyek kalian. Cara import library bisa liat di sini. Untuk buat aplikasi SMS Sender nya, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Design tampilan GUI seperti yang ada pada gambar dibawah ini

gui_sms_server

Di situ ada tulisan dengan warna merah, itu artinya nama komponen GUI yang bisa kalian cari di menu ToolBox.

2. Setelah design GUI sudah jadi, sekarang saatnya menyisipkan baris-baris code program. Ada beberapa code program yang akan kita sisipkan, pada kesempatan ini gw ga masukin code program buat terima SMS. Coz yang laen udah ada yang bahas. OK, langsung aj broo….!

Cara menyisipkan program click kanan pada Form -> View Code. Ntar bakal muncul frame baru buat nyisipin program. Langkah awal kita import dulu library GSMComm, meskipun di awal sudah di Add Reference kita ga bisa langsung pake. Harus ditambahkan manual di code programnya. Caranya kayak gini :

using GsmComm.GsmCommunication;
using GsmComm.PduConverter;

Setelah itu buat object dengan nama comm (ga harus comm) dari kelas GsmCommMain. Caranya :

GsmCommMain comm;

Nahh… kalo udah, skrg kita coba bikin code buat mengkoneksikan PC dengan handphone/modem GSM. Untuk ngonekin ini gw taruhnya di aksi Form1_Load(). Artinya, kalo aplikasi dibuka secara otomatis dia langsung membaca port COM and konek ke modem. Cara buat method Form1_Load() nya, klik Form1 setelah itu di tabel Propertiesnya klik icon Events (yang gambar petir). Cari events Load, abis tu klik dua kali ntar bakal muncul otomatis di code program method private void Form1_Load(object sender, EventArgs e){}. Nah di dalam method itu kalian sisipkan code di bawah ini :

int nmorPortCOM = 3;
int bautRate = 9600;
comm = new GsmCommMain(nmorPortCOM, bautRate);
comm.Open();

Kalau udah, sekarang kita buat aksi untuk tombol Kirim pesan. Caranya buat Events button1 clik sama seperti cara bikin Form1_Load(), tapi yang ini kita lakukan pada tombol button1. Cari aja events Click, ntar bakal ter-create method private void button1_Click(object sender, EventArgs e){}. Lalu sisipkan code berikut :

try {
SmsSubmitPdu pdu;
pdu = new SmsSubmitPdu(richTextBox1.Text, textBox1.Text, ” “);
comm.SendMessage(pdu);
}catch(Exception ex){
MessageBox.Show(ex.ToString());
}

Yang terakhir adalah memberikan aksi pada tombol Disconnect, caranya hampir sama seperti memberikan events pada tombol Kirim pesan. Cuma kita ganti isinya menjadi seperti di bawah ini :

comm.Close();

Gampang kan ??!?!? Berikut keseluruhan dari code program yang udah gw buat

Code Program Keseluruhan

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
using GsmComm.GsmCommunication;
using GsmComm.PduConverter;

namespace SMS01
{
public partial class Form1 : Form
{
GsmCommMain comm;

public Form1()
{
InitializeComponent();
}

private void Form1_Load(object sender, EventArgs e)
{
int nmorPortCOM = 3;
int bautRate = 9600;
comm = new GsmCommMain(nmorPortCOM, bautRate);
comm.Open();
}

private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
{
try {
SmsSubmitPdu pdu;
pdu = new SmsSubmitPdu(richTextBox1.Text, textBox1.Text, “”);
comm.SendMessage(pdu);
}catch(Exception ex){
MessageBox.Show(ex.ToString());
}

}

private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
{
comm.Close();
}

}
}

  • Penutupan

Akhirnya kelar juga gw nulis blognya, nahhh..buat kalian yang mw ngembangin aplikasi SMS Sender menggunakan library GsmComm, banyak sekali yang bisa kalian lakukan. Misalnya buat shutdown-restart komputer pake SMS. Tinggal ubah sesuai kebutuhan kalian…

Karena di awal kita tidak buka dengan berdo’a, maka alangkah baiknya kalau kita tutup tutorial ini dengan do’a agar apa yang udah gw tulis bisa bermanfaat buat gw pribadi khusunya n masyarakat Indonesia umumnya. Berdo’a menurut kepercayaan masing-masing, dipersilahkan…..

Berdo’a Selesaii !!! Ciao…

Other Resources :

Advertisements

35 thoughts on “Aplikasi SMS Sender dengan C#

  1. eh iya….maaf bacanya kurang seksama…
    itu pake .net 2008
    bisa tolong dijelaskan sedikit tentang library gsmcomm?
    n sekalian minta ijin,bolehkah saya bertanya via email?
    Terimakasih

  2. gan, ane udah coba pake source code diatas sama ake yg dicode project tp koq diblgnya no phone connected. btw leh nanya via japri?
    thanx

  3. hi my name is Evren YILDIRIM

    ı AM a student at sakarya üniversity as computer enginnering last year My THESİS project is about smarthome using c# and pda with 8051 microcontroller sending sms controling kind of devices for example open window open door open combi etc.

    please help me İf know any one sending my sms article or code
    how can I read inbox sms or sending sms form pda or pocket pc using c# code in visual stdio please help me

    1. Dear Evren,

      Thanks for visit my blog. Based on your story, I think GsmComm is suitable for your project. I’ve tried this library to shutdown my PC (read my post about “Remote Shutdown PC via SMS”). You can visit GsmComm site (http://www.scampers.org/steve/sms/libraries.htm) to get more information about this library.

      Don’t forget to visit CodeProject forum at http://www.codeproject.com, there is more geeks in there who can solve your problem.

  4. gw udah coba bro per point dan tahapan semua sama.
    port com juga dah disesuaikan, running program lancar, cuma pada saat kirim sms, banyak banget syntax error
    cek disini aja buat lis error nya http://cdn-u.kaskus.us/42/ppjyst5a.jpg
    bisa tolong dibantu ga bro?! gw pake nokia 9300 dan so far HP ini ga ada masalah buat SMS gateway.thx

    1. list errorny ga bisa kebuka ya bro? nokia 9300 itu sejenis communicator ya?? gw dlu pernah cobain implement sama GsmComm hasilnya emg kurang memuaskan. di website nya GsmComm ad bbrp list HP yg disupport. itu HP ny support AT&T command kn ya?

  5. gan…ada ga program yang cuman buat tweedeck,seperti twiiter,buat bisa posting aja n samping postingannya t ada date nya…
    kalo bisa tolong dong gan..thank;s before…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s