Restore Missing GRUB

Topik ini sebenarnya sudah banyak pihak yang membahas, tinggal cari saja di Google. Namun terkadang masih ada saja teman / seseorang yang bertanya kepada saya “gimana sih caranya me-restore GRUB yang ilang ? kalo install ulang Windows tampilan GRUB Ubuntu ilang, bisa diperbaiki ga ?”. Dari sini saya berinisiatif untuk “menulis ulang” dari apa yang pernah saya baca dan yang pernah saya alami, sekaligus buat catatan pengingat pribadi saya.

Caranya gampang, cukup ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Siapkan CD Linux (disini saya pake Ubuntu 8.04-LTS), lalu booting komputer menggunakan CD Linux tersebut. Jalankan Linux secara live saja (jangan di install ke harddisk lagi).
  2. Setelah booting selesai dan udah masuk tampilan desktop linux, jalankan aplikasi Terminal. Bisa dengan banyak cara, salah satunya tekan ALT + F2 maka akan muncul kotak dialog. Ketikan gnome-terminal.
  3. Ketika Terminal dah muncul, sekarang kita masuk ke grub. Caranya dengan mengetikkan sudo grub. Maka tampilan kursor akan berubah menjadi #grub>
  4. Dari situ ketikkan find /boot/grub/stage1
  5. Maka akan muncul partisi harddisknya dimana GRUB berada, misal : (hd0,2)
  6. After that, type root (hd0,2) di jendela terminal anda.
  7. Dan dilanjutkan dengan mengetikkan setup (hd0)
  8. Restart ulang komputer.

Dari yang pernah saya alami, ketika saya merestart ulang komputer muncul tampilan GRUBnya. Disitu tertulis opsi-opsi Operating Systems kita. Namun, ketika saya pilih opsi Ubuntu muncul pesan error yang kurang lebih artinya tidak bisa “me-mounting” partisi tersebut. Saya sempat panic, tapi saya coba memutar otak dan telusuri permasalahannya. Saya coba masuk menggunakan CD Linux dan mencoba memodifikasi isi file menu.lst yg ada dipartisi Linux saya tersebut. Dan ketika saya restart ulang, GOTCHAAA… Saya berhasil masuk ke Linux. Kuncinya adalah, saya mengganti baris di menu.lst yang menunjukkan partisi Linux. Dimana awalnya adalah (hd0,3) yang kemudian saya ganti dengan partisi yang baru yaitu (hd0,2) tadi. SELAMAT MENCOBA…^_^

Advertisements

One thought on “Restore Missing GRUB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s